Penyebab 〥 Cara Mengatasi Ghost Touch Hp Android

Ghost Touch adalah salah satu masalah layar sentuh yang kerap dialami pengguna smartphone. Bahkan masalah ini bagi sebagian pengguna lebih memusingkan dibandingkan dengan touchscreen yang rusak secara fisik.

Bagi sebagian orang pasti belum familiar dengan istilah Ghost Touch ini, untuk itu disini saya akan sedikit menjelaskan. Ghost Touch dapat diartikan menyentuh dengan sendirinya.

Anda mungkin pernah mengalami masalah seperti ini saat mengisi daya Hp Anda. Ini terjadi ketika ponsel Anda beroperasi sendiri dan merespons beberapa sentuhan yang sebenarnya tidak Anda lakukan. Baik itu terjadi sentuhan acak di sebagian layar atau seluruh layar ponsel Anda.

Penyebab Ghost Touch

Penyebab Ghost Touch
Oleh sebab itu, Kami akan menunjukkan kepada Anda cara memperbaiki masalah Ghost Touch di semua ponsel Android baik Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung dan lain sebagainya.

Tapi tahukah Anda apa yang menyebabkannya? masalah ghost Touch biasanya bukan masalah software. Jika Anda mengalaminya, ini bisa dibilang masalah dari perangkat keras (hardware) terutama touchscreen ponsel Anda.

Charging Kualitas Jelek

Sejauh ini, ini adalah penyebab ghost touch paling banyak di karenakan penggunaan charging berkualitas rendah atau bukan charging asli. Jika ponsel Anda mulai mengetuk sendiri saat proses pengisian daya, maka masalah ini diakibatkan oleh charging yang tidak kompatibel dengan perangkat Anda, atau pengisi daya yang Anda gunakan berkualitas jelek.

Bug Pada Perangkat Lunak

Masalah sentuhan bayangan ini jarang disebabkan oleh perangkat lunak. Namun, kode yang salah dalam perangkat lunak (bug) dapat menyebabkan beberapa bagian layar tersentuh secara acak.

Kondisi Cuaca Terlalu Dingin Atau Panas

Agar layar berfungsi dengan baik, ponsel harus berada di lingkungan bersuhu sedang. Anda mungkin mengalami ghost touch jika touchscreen ponsel Anda membeku atau terlalu panas. Walaupun reaksi ghost touch mungkin tidak sering terjadi, namun akan mempengaruhi beberapa bagian layar.

Layar dan Screen Protector Kotor

Anda mungkin juga menemukan ghost touch di ponsel Android Anda jika menggunakan screen protector yang kurang baik terutama jika tidak terpasang dengan kuat ke layar, atau jika ada partikel di antara layar dan pelindung.

Cara Mengatasi Ghost Touch di Android

Cara Mengatasi Ghost Touch di Android
Jika ponsel Android Anda mengalami ghost touch secara acak atau beberapa bagian layar, Anda tidak sendirian. Setelah Anda tahu penyebab ghost touch di Android, berikut adalah cara terbaik untuk memperbaikinya sendiri yang dapat Anda terapkan di semua ponsel Android baik itu Oppo, Xiaomi, Vivo, Samsung, Advan dan Evercoss.

Gunakan Charging Berkualitas Baik

Jika Anda hanya mengalami ghost touch pada ponsel Anda saat sedang mengisi daya, hal terbaik yang dapat di lakukan adalah mengganti pengisi daya lain yang kompatibel dengan ponsel Anda.

Jika masih memiliki pengisi daya yang sepaket dengan Hp Anda, sanagt disarankan untuk menggunakannya. Jika tidak, cukup ganti pengisi daya dengan yang baru dari perusahaan terkemuka atau toko resmi merek ponsel Anda.

Jaga Kebersihan Layar

Layar mengandalkan kontak antara jari Anda dan touchscreen untuk melakukan tindakan apa pun. Oleh sebab itu hindari partikel asing menempel di layar baik dari jari yang kotor atau debu dari lingkungan. Intinya, jaga kebersihan layar ponsel Anda untuk menghilangkan masalah Ghost Touch ini.

Problem seperti ini sangat mudah diatasi, cukup matikan layar, ambil tisu bersih atau bisa juga kain lembut, lalu sapu layar dengan lembut. Jangan gores layar dengan benda tajam.

Selain itu, Anda mungkin mengalami ghost touch jika layar Anda retak atau tergores. Jadi pastikan untuk menjaga ponsel aman dari goresan.

Istirahatkan Ponsel Saat Panas

Untuk mengatasi ghost touch pada ponsel Android Anda, sangat perlu untuk menjaga Hp dalam suhu normal dan selalu ingat untuk menghentikan aktifitas saat ponsel menjadi panas. Selain itu, usahakan untuk tidak menggunakannya di bawah sinar matahari langsung atau terkena air hujan.

Ganti layar ponsel

Jika masalah ghost touch tidak bisa diatasi dengan tips diatas, sudah waktunya Anda untuk mengganti touchscreen ponsel Anda. Mungkin layar menjadi lemah, kemasukan air, atau ada yang menggantinya dengan komponen layar yang buruk. Yang perlu Anda lakukan adalah menggantinya di pusat layanan resmi untuk ponsel Anda.

Jika tidak memungkinkan untuk ke service center resmi, silahkan menemukan teknisi yang kompeten di sekitar tempat tinggal Anda.

Bawa Ke Service Center

Terakhir, jika layar Anda tidak dapat pulih dari sentuhan hantu, hal terakhir yang dapat Anda lakukan adalah membawanya ke tukang reparasi untuk memperbaiki layar untuk Anda. Bisa jadi juga masalah ini bukan disebabkan oleh layar, tetapi masalah pada perangkat keras yang lain dan itu harus diperbaiki oleh teknisi profesional.

Akhir Kata

Semoga artikel ini memandu Anda tentang cara memperbaiki masalah ‘sentuhan hantu Android’ yang memalukan ini dan Anda dapat mengontrol ponsel Anda lagi.