5 Cara Mengunci Jaringan 4G Oppo dengan Metode Terbaru

Dengan adanya teknologi seluler 4G dan 5G ini, kita sebagai pengguna jadi lebih mantap lagi menggunakan smartphone untuk berbagai macam kebutuhan terutama untuk mengakses internet baik itu browsing, streaming maupun bermain game.

Salah satu faktor yang sering menjadi pertimbangan sebelum membeli smartphone adalah kecanggihannya. Salah satu hal yang bisa dilihat untuk menilai kecanggihan sebuah smartphone adalah konektivitasnya. Saat ini banyak smartphone Oppo yang sudah mendukung konektivitas 4G bahkan ada yang sudah 5G.

Fitur lain yang patut dipertimbangkan adalah ketersediaan slot untuk dua kartu atau lebih dikenal dengan dual SIM. Rata-rata ponsel Oppo sudah menyediakan slot untuk dua kartu SIM, meski dari dua operator berbeda. Hal ini juga memungkinkan pengguna untuk berpindah operator saat mengakses internet jika mengalami masalah atau lambat.

Seperti kita ketahui, kalau dahulu kita hanya bisa menggunakan jaringan 2G dan 3G dalam mengakses internet lewat perangkat smartphone. Tentu saja bila dibandingkan dengan jaringan 4G LTE, kecepatan internet akan sangat jauh berbeda, apalagi kalau Hp Oppo Anda sudah 5G.

Namun, jika akses internet di Oppo Anda mengalami masalah seperti lemot karena jaringan berubah dari 4G ke 3G salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengunci jaringan 4G tersebut. Ini bertujuan agar jaringan 4G tidak beralih ke 3G ataupun 2G.

Tutorial Cara Kunci 4G di Hp Oppo

Cara Mengunci 4G Oppo
Secara teori, jaringan 4G LTE sanggup menghantarkan kecepatan hingga lebih dari 200 Mbps sedangkan 5G rata-rata sekitar 500 Mnps sehingga kita dapat menonton video streaming tanpa buffering, mendengarkan musik secara streaming lebih lancar, download dan upload tanpa hambatan, hingga bermain game online tanpa lag.

Meskipun begitu, tidak selalu kecepatan internet kita dapatkan bisa maksimal. Banyak faktor yang jadi penentu seberapa cepat akses internet di smartphone salah satunya adalah lokasi yang terjangkau 4G.

Jika lokasi Anda berada saat ini jangkuan sinyal 4G sangat lemah, otomatis sistem di dalam Hp Oppo akan mengalihkan ke jaringan ke 3G. Demikian juga saat ada telepon atau SMS masuk akan dialihkan ke jaringan 3G.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu untuk mengetahui cara mengunci jaringan 4G Oppo. Silahkan lihat salah satu panduan di bawah ini.

Setting Jaringan 4G

Cara Setting Jaringan 4G Oppo
Cara pertama adalah mengunci jaringan 4G melalui menu setting di HP Oppo. Metode ini cocok untuk pengguna yang berada di lokasi yang sinyal 4G-nya cukup kuat. Selain itu juga dapat digunakan untuk mengunci 4G di SIM 2.

  1. Masuk ke menu Pengaturan lalu pilih Kartu SIM & Data Seluler.
  2. Kemudian pilih SIM1 atau SIM2 selanjutnya pilih Jenis Jaringan yang Disukai.
  3. Pilih 4G/3G/2G (Otomatis).
  4. Otomatis jaringan akan beralih lagi ke 4G.

Cara ini paling direkomendasikan, namun tentunya jaringan tidak terkunci secara permanen dan akan otomatis kembali ketika ada panggilan telepon atau SMS. Berguna untuk ponsel Oppo yang tidak mendukung Volte agar tetap dapat melakukan panggilan.

Menggunakan Kode Jaringan

Mengunci 4G Oppo Dengan Kode
Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengunci 4G adalah dengan mengakses menu Set network type melalui kode khusus. Dengan cara ini jaringan 4G akan terkunci secara permanen walaupun ada panggilan masuk tidak akan berpindah ke 3G lagi.

  1. Buka aplikasi Telepon lalu ketik *#*#4636#*#* atau *#*#3646633#*#*.
  2. Nanti akan masuk ke menu Pengujian
  3. Lalu pilih Informasi Telepon.
  4. Berikutnya ketuk Setel jenis jaringan yang disukai
  5. Cari dan  pilih LTE Only.
  6. Tunggu beberapa saat sampai jaringan 4G terkunci.

Pastikan setelah itu, fitur VoLTE sudah aktif di ponsel kalian agar dapat melakukan panggilan masuk dan keluar. Di beberapa HP Oppo fitur ini telah aktif akan terlihat di status bar muncul ikon Volte.

Jika dengan kode *#*#4636#*#* opsi setel jaringan oppo tidak muncul, silahkan gunakan cara ketiga dengan bantuan aplikasi.

Force 4G / 5G Only Oppo

Force 4G Only Oppo
Cara terakhir adalah dengan bantuan aplikasi yang bernama Force LTE Only (4G/5G). Kemampuan dari aplikasi ini tidak perlu di ragukan, karena support semua ponsel Android terutama Oppo meskipun telah berbasis Android 11.

  1. Pertama install aplikasi Force LTE Only (4G/5G) di Google Play Store.
  2. Lalu buka aplikasi tersebut, setelah berada di menu utama akan muncul beberapa pilihan.
  3. Pilih METHOD1 jika Hp Oppo Anda menggunakan Android 10 kebawah.
  4. Untuk pengguna Oppo Android 11 pilih METHOD2.
  5. Langkah selanjutnya, pilih Setel jenis jaringan yang disukai lalu pilih LTE Only.
  6. Sampai disini proses kunci jaringan 4G telah selesai.

Mengatasi Beberapa Masalah Setelah Jaringan 4G Terkunci

Membuat jaringan 4G terkunci banyak sekali manfaatnya, namun ada beberapa masalah yang ditimbulkan setelah Anda mengikuti tutorial di atas.

Untuk itu Polahp akan memberukan solusi untuk mengatasi masalah-masalah setelah jaringan 4G terkunci.

Masalah Tidak Bisa Melakukan dan Menerima Panggilan Telepon

Teknologi 4G LTE adalah jaringan yang hanya dikhususkan untuk akses data (internet) saja. Untuk bisa melakukan panggilan telepon di jaringan 4G, smartphone kalian harus sudah mendukung VoLTE (Voice Over LTE).

Untuk ponsel Oppo terbaru seharusnya sudah support dengan VoLTE, biasa setelah jaringan dikunci akan muncul ikon VoLTE. Atau coba aktifkan fiturnya di Settings > Dual SIM & Cellular > SIM card & mobile data > pilih kartu SIM dan aktifkan VoLTE Calls.

Selain itu juga, pastikan operator seluler yang Anda gunakan sudah mendukung fitur ini, pasalnya belum semua operator sudah mengadopsi teknologi ini dan juga masih banyak daerah yang belum terjangkau.

Mengembalikan Jaringan 4G Oppo Seperti Semula

Apabila Hp Oppo Anda tidak memungkinkan untuk mengunci jaringan 4G dan ingin mengembalikan pengaturan seperti semula, silahkan lakukan seperti cara di atas lalu ubah 4G Only menjadi LTE/GSM auto.

Anda juga bisa melakukannya dengan mengakses menu Pengaturan > Kartu SIM & Data Seluler > pilih Kartu SIM > selanjutnya pilih Jenis Jaringan yang Disukai > pilih 4G/3G/2G (Otomatis).

Kelebihan Mengunci Jaringan 4G LTE

Streaming Video Tanpa Lag

Kita semua tahu bahwa streaming video akan menghabiskan kuota internet dan sangat tidak nyaman sama sekali jika terjadi lag saat menonton. Dengan koneksi 4G, streaming video akan menjadi lebih lancar tanpa ada buffering sedikutpun.

Selain itu, jika Anda menggunakan panggilan Video, kualitas suara dan video akan lebih baik daripada 3G. Pasalnya untuk melakukan video chat, dibutuhkan kualitas internet yang baik agar tampilan video tidak pecah dan putus-putus. Dengan koneksi 4G, akan lebih lancar dengan tampilan video yang lebih stabil dan jernih.

Download dan Upload File Lebih Cepat

Anda pasti pernah mengalami situasi dimana saat download atau upload file membutuhkan waktu yang sangat lama. Seharusnya selesai dalam hitungan menit malah justru jadi berjam-jam. Dengan menggunakan jaringan 4G LTE diklaim download file 100MB bisa selesai dalam hitungan menit.

Memainkan Game Online Dengan Lancar

Bermain game online membutuhkan akses internet stabil dan cepat agar game yang kita mainkan tidak terjadi lag. Dengan latency yang lebih rendah, teknologi 4G sangat cocok untuk digunakan dalam mendukung aktivitas game online tanpa khawatir terjadi lag.

Jika kita terbiasa menggunakan 4G, kemudian mengakses kembali internet menggunakan jaringan 3G akan memberikan dampak yang signifikan. Kita mungkin merasa kesal karena kecepatan internetnya tidak secepat 4G.

Demikianlah panduan cara mengunci jaringan 4G di Hp Oppo secara mudah tanpa aplikasi. Semoga dengan adanya tutorial ini akses internet di smartphone menjadi lebih lancara tanpa terputus-putus.

Tinggalkan komentar