4 Cara Mengunci Jaringan 4G Realme Terbaru LTE Only

Mengunci jaringan 4g adalah salah satu cara agar mendapatkan akses internet yang lebih baik. Bagi yang penasaran cara kunci 4G di Realme dapat mengikuti beberapa panduan yang POLAHP bagikan berikut.

Realme adalah salah satu produsen smartphone dengan harga cukup terjangkau. Sehingga sangat cocok digunakan untuk kebutuhan akses internet baik itu untuk bekerja maupun belajar, terutama untuk murid atau mahasiswa yang sedang mengikuti sistem pembelajaran dan perkuliahan secara online.

Fitur lain yang biasanya muncul di smartphone-smartphone keluaran terbaru, yaitu dual SIM. Fitur ini memungkinkan untuk menggunakan SIM Card tipe nano SIM dan dual stand-by. Nano SIM memiliki ukuran slot kartu SIM yang lebih kecil bila dibandingkan dengan ukuran kartu SIM yang biasanya ada di handphone keluaran lama.

Oleh karena itu, pengguna tidak perlu khawatir dan repot-repot lagi membawa satu smartphone lainnya jika ingin mengaktifkan dua kartu SIM di waktu yang bersamaan. Selain itu, fitur ini dapat mempermudah pengguna yang perlu membedakan antara katru SIM untuk urusan komunikasi dengan kartu SIM untuk urusan mengakses internet.

Teknologi jaringan yang dimiliki ponsel besutan Realme ini adalah jaringan LTE (Long-Term Evolution) yang masih masuk dalam teknologi jaringan 4G. Dalam hal kecepatan jaringan, 4G jauh lebih unggul daripada yang 3G. Jaringan yang ada di perangkat merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kecepatan dan kestabilan akses internet.

Jika Anda berada di lokasi yang lemah sinyal 4G, otomatis jaringan akan beralih ke 3G. Tentunya ini dapat menyebabkan akses internet di ponsel jadi lemot dan tidak stabil. Untuk mengatasinya adalah dengan cara mengunci jaringan 4G pada Hp Realme.

Langkah-langkah Kunci Jaringan 4G Hp Realme

Cara Mengunci 4G Hp Realme
Meskipun dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, Realme tetap mengutamakan kepuasan pengguna dengan melengkapi smartphone merekan dengan fitur-fitur yang terbilang cukup lengkap dan paling dibutuhkan oleh pengguna.

Di era mobile, fitur Dual SIM dan jaringan 4G merupakan fitur yang cukup penting, pengguna dapat mudah beralih akses internet dari SIM 1 ke SIM 2. Sedangkan jaringan 4G sangat berguna untuk mendapatkan akses internet yang lebih lancar.

Namun tidak semua pengguna bisa menikmati akses internet dengan baik, itu karena cakupan area masih belum merata. Banyak daerah yang masih sulit dijangkau oleh sinyal 4G. Oleh karena itu jalan satu-satunya adalah dengan melakukan lock 4G di Realme.

Ada beberapa cara yang dapat pengguna Realme lakukan untuk mengunci jaringan 4G. Silahkan simak panduannya berikut ini.

Melalui Pengaturan

Kunci 4G Realme Lewat Pengaturan
Cara pertama dengan kunci jaringan 4G lewat menu pengaturan di Hp Realme. Cara ini cocok digunakan untuk pengguna yang tinggal di daerah yang sinyal 4G cukup kuat.

  1. Masuk ke menu Pengaturan lalu pilih Kartu SIM & Data Seluler.
  2. Kemudian pilih SIM1 atau SIM2 selanjutnya pilih Jenis Jaringan yang Disukai.
  3. Pilih 4G/3G/2G (Otomatis).
  4. Otomatis jaringan akan ke 4G.

Dengan metode ini, meskipun Hp Realme Anda tidak mendukung VoLTE tapi tetap akan bisa menerima panggilan telepon maupun SMS.

Kode Jaringan 4G Only

Lock 4G Dengan Kode Jaringan Realme
Cara lain untuk mengunci 4G adalah dengan menggunakan kode jaringan khusus untuk Hp Realme. Caranya juga sangat mudah, Anda tinggal mengakses kode untuk masuk ke menu pengujian jaringan. Dari situ, akan ditemukan pilihan jaringan 4G Only.

  1. Pertama ketik kode *#*#4636#*#* melalui aplikasi Telepon.
  2. Setelah masuk ke menu Pengujian pilih Informasi Telepon.
  3. Kemudian ketuk pada opsi Setel jenis jaringan yang disukai lalu pilih LTE Only.
  4. Tunggu beberapa saat sampai jaringan 4G terkunci.

Dengan menggunakan cara ini, otomatis jaringan 4G akan terkunci secara permanen. Namun, sangat disayangkan metode ini hanya bisa digunakan pada ponsel model lama seperti Realme C1 dan Realme 2.

Force 4G LTE Only Dengan Aplikasi

Force 4G LTE Only Realme
Memang banyak aplikasi pihak ketiga yang bisa digunakan untuk kunci 4G agar tidak berpindah ke 3G. Salah satunya adalah aplikasi Force 4G LTE. Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk lock jaringan di Android 11.

  1. Cari lalu install aplikasi Force LTE Only (4G/5G) di Google Play Store.
  2. Setelah itu buka aplikasi tersebut, setelah berada di menu utama akan muncul beberapa pilihan.
  3. Jika ponsel Realme Anda menggunakan Android 10, 9 atau 8 pilih METHOD1.
  4. Sedangkan buat pengguna Android 11 pilih METHOD2.
  5. Setelah itu, pilih Setel jenis jaringan yang disukai lalu pilih LTE Only.
  6. Sampai disini proses kunci jaringan 4G telah selesai.

Jika ingin mengunci jaringan 5G, pilih 5G Only apabila ponsel Realme Anda sudah mendukung jaringan tersebut. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk kunci jaringan Samsung.

Kelebihan Mengunci 4G

Salah satu alasan kenapa menggunakan jaringan 4G karena memiliki kecepatan upload hingga 75 Mbps dan download hingga 300 Mbps yang jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan jaringan 3G. Coba bayangkan, apalagi kalau hanya untuk browsing atau chatting saja.

Penggunaan jaringan 4G LTE juga membuat menonton video online atau streaming menjadi lebih cepat dan tanpa buffering. Masalah gangguan pada jaringan sangat minim sehingga dapat melakukan aktivitas streaming dengan sangat nyaman.

Selain itu, akan sangat mudah bagi kita untuk berkomunikasi menggunakan video call. Apalagi sekarang hampir semua smartphone Realme yang mendukung jaringan 4G LTE. Aktivitas panggilan video menjadi lebih mudah dan lancar tanpa patah-patah.

Kekurangan Mengunci 4G

Ada beberapa ponsel Realme dan operator belum suport VoLTE, sehingga setelah kunci jaringan 4G tidak akan bisa digunakan untuk menerima panggilan telepon dan SMS. Untuk yang sudah mendukung akan muncul ikon VoLTE di status bar.

Dengan mengunci 4G LTE secara otomatis memaksa ponsel bekerja lebih keras, sehingga akan berpengaruh pada konsumsi baterai sehingga cepat habis dan perangkat akan terasa panas.

Cakupan lokasi 4G di Indonesia belumlah merata. Jika bepergian ke luar kota, kemungkinan jaringan yang Anda gunakan bermasalah atau tidak dapat digunakan sama sekali.

Kesimpulan

Untuk pengguna Realme yang masih menggunakan jaringan 2G atau 3G untuk mengakses internet, PolaHP.com anjurkan untuk mengubahnya menjadi 4G agar pengalaman internet yang lebih lancar dan stabil.

Namun, untuk mengunci jaringan 4G, pastikan berada di area terbuka agar sinyalnya bisa terjangkau. Pasalnya, jika banyak objek gangguan seperti gedung tinggi, hutan, gunung, juga dapat mempengaruhi jaringan yang digunakan.

Pastikan juga model ponsel Realme Anda sudah mendukung jaringan 4G, jika tidak maka pengaturan kunci 4G di atas tidak akan berfungsi.

Demikianlah panduan cara mengunci jaringan 4G Realme yang memungkinkan agar tidak berpindah lagi ke 3G ataupun HSDPA.

Tinggalkan komentar