Cara Reset Hp Samsung M12 Ke Pengaturan Pabrik

Untuk Anda yang membutuhkan langkah-langkah reset Samsung Galaxy M12 kembali ke pengaturan pabrik, Anda dapat mengikuti beberapa cara canggih di sini yang mudah diterapkan.

Salah satu yang diandalkan dari Samsung Galaxy M12 adalah dibenamkannya prosesor Octa-Core yang mampu digeber maksimal 2.0 GHz yang bekerja sama dengan chipset seri Exynos 850. Agar kinerja lebih baik telah dipersiapkan RAM berkapasitas 3GB dan 4GB.

Kalau hp ini terjadi error, Samsung sebagai pengembangnya telah menyematkan 2 opsi reset untuk memulihkan kondisi handphone Anda ke pengaturan pabrik.

Langkah-Langkah Reset Samsung Galaxy M12

Ada beberapa metode mereset Samsung M12 yakni hard reset, factory reset dan reset menggunakan layanan Samsung. Anda dapat menerapkan ketiga metode sesuai dengan problem yang dialami ponsel Anda.

Perlu diingat reset ke pengaturan pabrik akan menghapus semua data di Samsung Galaxy M12 Anda. Oleh karena itu lakukan backup terlebih dahulu.

1. Factory Reset Via Pengaturan

Cara Factory Reset Samsung M12
Anda bisa melakukan factory reset melalui menu pengaturan selama kondisi ponsel Anda masih bisa digunakan. Silahkan simak cara reset Hp Samsung Galaxy M12 di sini.

  1. Buka Settings kemudian cari dan pilih General Management.
  2. Langkah selanjutnya pilih Reset lalu tap Factory Data Reset.
  3. Berikutnya pilih tombol Reset yang ada di tengah.
  4. Selanjutnya pilih Delete All untuk konfirmasi.
  5. Nanti ponsel Anda akan restart dan memulai proses reset.
  6. Tunggu beberapa menit sampai prosesnya selesai.

2. Hard Reset Melalui Recovery

Cara Hard Reset Samsung M12 via Recovery
Untuk yang ponselnya mengalami bootloop atau lupa sandi, Anda bisa memanfaatkan opsi wipe data yang ada di menu pemulihan. Berikut cara hard reset Samsung M12 lewat recovery mode ini.

Ponsel Samsung berbasis Android 11 sedikit berbeda untuk masuk ke recovery mode, Anda harus menyambungkan HP dengan kabel USB ke PC terlebih dahulu. Jika sudah, silahkan ikuti panduan selanjutnya di bawah ini.

  1. Matikan HP Samsung Anda terlebih dahulu.
  2. Kemudian, tekan dan tahan tombol Volume Atas + Power.
  3. Lepaskan tombol setelah logo Samsung muncul di layar.
  4. Nanti akan masuk ke Android Recovery.
  5. Pilih opsi Wipe data / Factory reset.
  6. Klik YES dengan menggunakan tombol Power untuk konfirmasi.
  7. Setelah selesai, pilih Reboot System Now.
  8. Selanjutnya ponsel Samsung Anda akan restart.

3. Reset Pola / PIN / Sandi Tanpa Hapus Data

Salah satu masalah yang sering dialami pengguna smartphone adalah lupa kunci pola. Untuk pengguna Samsung ada solusi mudah tanpa reset data. Pengguna dapat memanfaatkan layanan Samsung Find My Mobile untuk melakukan reset kunci layar Samsung M12.

Untuk caranya sangat mudah, silahkan buka halaman https://findmymobile.samsung.com lewat browser PC atau HP yang lain.

Kemudian login dengan akun Samsung yang terdaftar di Hp Samsung A12 setelah itu pilih Unlock. Langkah selanjutnya klik tombol Unlock sekali lagi.

Setelah itu, Anda akan diminta untuk login kembali untuk konfirmasi kalau itu benar-benar keinginan Anda. Selanjutnya proses reset akan dimulai selama beberapa detik. Jika sudah akan nampak informasi yang menyatakan ponsel anda sudah berhasil di unlock.

Jika ingin menggunakan layanan ini, harap pastikan fitur Find My Mobile dan Remote Unlock yang ada di menu pengaturan Samsung A12 sudah Anda aktifkan. Jika belum, Anda tidak akan bisa menggunakan layanan Samsung Find My Mobile.

Akhir Kata

Reset tidak akan menghilangkan akun Google, oleh sebab itu Anda wajib ingat email maupun password akun Google yang terhubung dengan HP Samsung Galaxy M12 milikmu.

Cukup sampai disini panduan tentang cara reset Samsung M12 yang berguna buat Anda semua. Agar tidak ketinggalan ikuti tips lain seperti cara cek imei asli atau palsu yang akan diposting nanti.

Tinggalkan komentar