3 Cara Screenshot Hp Oppo A3s

Ingin membuat tangkapan layar tapi masih belum paham bagaimana melakukannya? Di artikel ini ada 3 cara screenshot Hp Oppo A3s yang beberapa diantaranya jarang digunakan.

Meski Oppo A3s dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, namun smartphone yang dirilis pada Juli 2018 ini tetap dibekali dengan spesifikasi yang cukup baik. Oppo melengkapinya dengan layar lebar 6.2 inci yang memiliki resolusi HD+ 720 x 1520 pixels. Selain itu, desain ponsel pintar ini juga cukup memukau dan mampu memancarkan kesan elegan dan stylish.

Oppo A3s sudah dilengkapi dengan dual kamera belakang memiliki resolusi 13 MP, f/2.2 + 2 MP, f/2.4 (depth). Selain itu, kameranya juga dilengkapi dengan fitur LED flash, HDR dan autofocus.

Selain dapat digunakan untuk mengambil foto, kamera utama juga dapat digunakan untuk merekam video dengan kualitas yang cukup baik. Sedangkan pada kamera depan hanya disediakan kamera dengan lensa 8 megapiksel. Tapi ini sudah cukup untuk melakukan aktivitas seperti foto selfie dan video call.

Cara Screenshot HP Oppo A3s

Mengambil screenshot di ponsel Oppo salah satu cara pintas yang bisa dilakukan dengan menekan tombol Power dan Volume bersama-sama, dan Anda bisa menangkap apa pun yang ada di layar. Akan tetapi, apa yang terjadi jika salah satu tombol rusak?

Anda dapat memanfaatkan salah satu fitur yang ada di Oppo A3s yakni Gesture screenshot yang memungkinkan untuk melakukan screenshot menjadi lebih praktis. Selain itu, Anda bisa mengambil dengan screenshot tiga jari, membuat screenshot panjang dan lain-lain.

Menggunakan Tombol

Cara Screenshot Oppo A3s Dengan Tombol
Cara mudah dalam mengambil tangkapan layar di ponsel Android Anda tentu dengan cara menekan tombol suara serta tombol daya bersamaan.

  1. Pertama buka area yang ingin Anda screenshot.
  2. Kemudian secara bersamaan tekan tombol Daya dan Volume Bawah.
  3. Pengambilan gambar akan dimulai dengan layar berkedip dan bunyi kamera.
  4. Sekilas muncul gambar screenshot dan langsung tersimpan.
  5. Anda juga dapat crop, rotate atau menambahkan text pada gambar screenshot.

Hampir semua smartphone dapat menggunakan kombinasi tombol fisik untuk mengambil gambar layar sehingga dapat juga diterapkan pada ponsel merek lain.

Meski cara ini sangat mudah tanpa perlu melakukan pengaturan, namun sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan tombol fisik agar tidak cepat rusak. Anda bisa mencoba metode berikut dengan menggunakan 3 jari.

Menggunakan 3 Jari

Cara Screenshot 3 Jari Oppo A3s
Kemudian cara yang kedua adalah menggunakan tiga Jari. Namun Anda perlu mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu. Berikut cara mengaktifkan fitur screenshot tiga jari pada Hp Oppo A3s.

  1. Buka Pengaturan [Settings].
  2. Pilih Cerdas & Nyaman [Smart & Convenient].
  3. Pilih Gerakan [Gestures].
  4. Aktifkan fitur Screenshot tiga jari [3 Finger screenshot].
  5. Gesek layar Oppo A3s ke bawah atau ke atas dengan 3 jari untuk mengambil tangkapan layar.
  6. Beberapa detik kemudian Anda akan mendengar suara shutter.

Fitur ini sangat keren dan sangat berguna, di antara semua metode screenshot, menggunakan tiga jari adalah yang paling mudah selama fitur tersebut aktif.

Cara Screenshot Panjang Oppo A3s

Lalu bagaimana jika ingin mengambil gambar screenshot panjang? Untuk melakukannya, Anda dapat memilih opsi screenshot menggunakan cara tombol, ataupun gesture tiga jari.

Pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka halaman ingin diambil screenshot panjang, misalnya Telegram yang menampilkan seluruh chat dengan mantan. Setelah itu, buat tangkapan layar dengan bersamaan menekan tombol power dan tombol volume down.

Cara Screenshot Panjang Oppo A3s

Tunggu sampai gambar muncul di layar Oppo A3s, kemudian klik tombol Screenshot Panjang atau Long Screenshot. Selanjutnya Anda geser gambar ke bawah untuk menambah panjang tangkapan layar. Jika dirasa sudah cukup silahkan langsung tap Selesai.

Kini Anda sudah berhasil mengambil tangkapan gambar layar Oppo A3s dan dapat langsung mengunggah screenshot tersebut di dalam platform Instagram, WA dan Telegram. Saya harap panduan ini bermanfaat buat semua pemilik Oppo.

Tinggalkan komentar